SUKSESKAN PENERAPAN E-KTP DI KABUPATEN CIAMIS DENGAN DATANG LANGSUNG KE TEMPAT PELAYANAN MULAI BULAN OKTOBER 2011, DENGAN MEMBERIKAN DATA YANG AKURAT

Akta Kelahiran

Pelayanan Akta Kelahiran
I. DASAR HUKUM
Perda No. 5 tahun 2007 tentang Perubahan Kedua Peraturan Daerah Kabupaten Ciamis Nomor 11 Tahun 2001 tentang Retribusi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Akta Catatan Sipil

II. KETENTUAN UMUM
Permendagri No. 28 tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran dan Pencatatan Sipil di Daerah

III. PERSYARATAN
1. Surat Keterangan Kelahiran dari Bidan;
2. Surat Keterangan Kelahiran dari Desa/Kelurahan;
3. Fotocopy KTP;
4. Fotocopy KK ;
5. Dua orang saksi yang telah berusia 21 tahun;.
6. Surat Kuasa bermaterai Rp.6.000,- bagi yang menguasakan.

IV. PROSEDUR PELAYANAN
1. Penduduk memiliki surat keterangan kelahiran dari Bidan/Desa/Kelurahan dan persyaratan lainnya disampaikan ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis
2. Mengisi surat permohonan pembuatan akta catatan sipil;
3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menerima dan meneliti persyaratan yang disampaikan pemohon;
4. Proses pencatatan, penerbitan dan penandatanganan register akta dan kutipan akta.

V. BIAYA
- Akta Kelahiran Umum/bayi diberikan secara cuma-cuma
- Akta Kelahiran Istimewa Rp. 30.000,- & Keterangan sementara Rp. 10.000,-

VI. WAKTU PENYELESAIAN
- Akta Kelahiran Umum/Bayi 1 (satu) hari/bisa ditunggu
- Akta Kelahiran Istimewa kurang lebih selama 30 (tiga puluh) hari

VII. LOKASI PENGURUSAN
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Ciamis

14 komentar:

  1. bismillah.
    apa syarat untu membuat akte istimewa?
    langkah-langkahnya gimana?
    terimakasih.

    ttd
    warga ciamis

    BalasHapus
  2. Terus kalau kita pengen bikin akte yang sudah lebih dari 10 th, kemudian orang sudah cerai... bagai mana pengajuannya

    Hatur Nuhun

    BalasHapus
  3. Berapa biaya resmi pembuatan akte kelahiran buat anak yang berusaia lebih dari 3 bulan
    dan bagaiman kalau anak saya yang kedua tapi diakte kelahiran tercatat anak pertama,
    bagaimana pengurusan perubahanya dan apakah ada biaya lagi?
    trims

    Rabin (Lakbok)

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Untuk administrasi berapa sih???

    BalasHapus
  6. Tolong donk itu ibu-ibu yang di pembuatan akte PASANG MUKA tuh yang RAMAH jangan JUDES! Apa mau disumpel pake DUIT dulu baru RAMAH. Etika PROFESI-nya suruh PAKE!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener tuh c ibu ga ada ramah-ramahnya basa-basi ath saetikmah da basamah teu meuli, sumpah pelayannanya ga mengenakan,
      VI. WAKTU PENYELESAIAN
      - Akta Kelahiran Umum/Bayi 1 (satu) hari/bisa ditunggu
      Preeeetttt.... Huntu kutrak-katrek siah!!! 2minggu ceunah karek bisa beres bari jeung teu pasti, semoga cepat ganti kepala pimpinanya biar ada peningkatan mutu pelayanannya/ga ganti juga harus ada perbaikan nyata dan pakta di lapangan
      amiinn... semoga do'a ku dikabulkan

      Hapus
  7. V. BIAYA
    - Akta Kelahiran Umum/bayi diberikan secara cuma-cuma
    - Akta Kelahiran Istimewa Rp. 30.000,- & Keterangan sementara Rp. 10.000,-
    N/B
    Tidak Bawa 2 orang Saksi bayar 10.000,- (tdk pake kwetansi)da nu 10.000,- etateh keur meser batagor di payun, lumayaaannn.... bari ngajanggilek!!!

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum W.wb

    Saya Eli Kusendang sebagai kepala keluarga berdomisili Kab. Ciamis, saya mau menanyakan pembuatan akta kelahiran anak.
    seminggu kemarin anak perempuan saya lahir di RSU. Slamet Kab. Garut
    apabila saya mau membuat akta kelahiran apakah harus di kabupaten Garut atau Kab. Ciamis, soalnya Kartu Keluarga saya berdomisili di Kab. Ciamis....Mohon Penjelasan dan persyaratannya apa saja?

    Terima Kasih
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    Eli Kusendang

    BalasHapus
  9. Sy minta di print out akta kelahiran atas anak saya karena hilang, syarat2 sudah sy penuhi. tapi hingga saat ini belum juga dengan alasan komputer eror.
    Mohon dengan sangat kinerja catatan sipil kab. ciamis diperbaiki.
    banyak keluhan dr masyarakat pada umumnya.

    BalasHapus
  10. Persyaratan yang disebut diatas ternyata tidak lengkap!! satu lagi yang harus ada yaitu fotokopi legalisir surat nikah (ngerjain nih namana) udh berasa lengkap ternyata msh kurang syarat2na.
    Waktu penyelesaian Akte Kelahiran BOHONG cuma SATU HARI/BISA DITUNGGU. Bukti dilapangan ternyata harus satu bulan hadeuh... Masa selama itu?? ngapain aja tuh kok bisa lama gitu?

    BalasHapus
  11. Klo legalisir akta lahir kmn ya...???ksini jg???

    BalasHapus
  12. assalamu'alaikum.....
    Pa/Bu ! beberapa thn yang lalu akte saya hilang, syarat-syarat untuk membuat Akte Kelahiran yang baru bagaimana,,?MOHON PENJELASAN DAN SYARAT-SYARATNYA!!!!

    BalasHapus
  13. assalamualaikum....
    Pa/Bu saya mau bertanya,
    akta kelahiran anak saya dulu dibuat di kab. tasikmalaya karena lahirnya disana, terdapat kesalahan nama pada akta tersebut.
    apakah bisa diperbaiki dan dibuatnya di disdukcapil Ciamis?
    kalau bisa apa saja syaratnya.
    terima kasih atas penjelasannya.....

    BalasHapus